Rabu, 13 Februari 2013

CARA MEMBUAT EM4

pupuk EM adalah pupuk organik yg dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri(mikroorganisme).Sampah organik dgn proses EM dapat menjadi pupuk organik yg bermanfaat meningkatkan kualitas tanah. Bakteri untuk fermentasi pupuk sangat mudah kita buat,murah dan bakterinya pasti sudah akrab dengan tanah di sekitar kita,karena ternak hidup dan makan dari tanaman-tanaman yg ada dilingkungan kita juga.Dengan proses yg mudah dan murah  tersebut kita tidak lagi perlu untuk membeli bakteri fermentasi (EM4) yang harganya mencapai Rp.22.000,per liternya. padahal dengan membuat sendiri dari sebuah becek wedus (isi usus kambing) bisa kita dapatkan bibit bakteri antara 7 sampai 10 liter.

 Berikut langkah-langkah pembuatan pupuk  EM:
Bahan-bahan: susu sapi atau susu kambing murni. isi usus(ayam/kambing), yg dibutuhkan adalah bakteri di dalam usus,s seperempat kg terasi + 1 kg gula pasir + 1 kg bekatul + 1buah nanas + 10 ltr air bersih.

Alat-alat yg di perlukan  : panci, kompor dan blender/ parutan untuk menghaluskan nanas.
Cara pembuatan: terasi ,gula pasir,bekatul ,nanas yg sudah di haluskan di masak agar bakteri lain yg tidak di perlukan mati.setelah mendidih ,hasil adonan didinginkan.Tambahkan susu,isi usus ayam/kambing.Di tutup rapat.Setelah 12 jam timbul gelembung -gelembung .bila sdh siap jadi akan mengental/lengket.Perlu diperhatikan pada waktu memilih susu jangan pilih susu yg sdh basi karena kemampuan bakteri sudah berkurang.Setelah semua selesai ,campur dgn 10 liter air,tempatkan di sebuah wadah(ember/jerigen) dan diamkan selama 15 hari.  Untuk aplikasi penggunaan 10 ml di campur air  1 ltr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar